Pemanfaatan Lampu Jalan Tenaga Surya

1.1. Latar Belakang

Saat ini pemanfaatan teknologi yang berwawasan lingkungan sangat mendapat perhatian dunia, baik dari segi pemanfaatan sumber energinya maupun dampak dari pemanfaatan teknologi terhadap lingkungan. Semakin terbatasnya sumber energi tertentu seperti minyak, membuat studi dan pengembangan teknologi di bidang energi terbarukan (renewable energy) serta penggunaan berbagai aplikasinya menjadi berkembang pesat. PLTS adalah salah satu teknologi yang memanfaatkan energi terbarukan (renewable energy technology).

Teknologi yang akan dikembangkan adalah Lampu Jalan Tenaga Surya yang sangat bermanfaat dan ramah lingkungan bagi masyarakat terpencil yang belum terjamah listrik dari PLN, peralatan yang dipergunakan berteknologi tinggi.

Lampu yang digunakan type Compact Flourescent Lamp dengan Integrated Preheat Inverter dan tabung lampu yang dapat diganti, lebih dari 10.000 jam pakai (over 10.000 burning hours) warna lampu (color temparature) dengan dua pilihan, cool day light (6.500°K) atau warna white (2.700°K) yang Keunggulannya adalah pada kemandirian system, lampu yang satu tidak berhubungan dengan lampu yang lainnya, sehingga dalam situasi apapun tidak akan pernah terjadi ”Black Out Total”. Mudah dipasang dan mudah perawatannya serta jam operasi dapat disesuaikan kebutuhan secara otomatis, dengan demikian meningkatkan keandalan system penerangan jalan ataupun area parkir. ditempatkan di armature lampu yang teruji.

Pemanfaatan Lampu Jalan Tenaga Surya telah dilakukan di daerah terpencil di kabupaten Selayar Propinsi Sulawesi Selatan. Mendapat yang mendapat tanggapan positif dari masyarakat setempat Pertimbangan yang melatarbelakangi proyek tersebut adalah pemerintah menghadapi kendala dalam pemerataan listrik hingga ke daerah-daerah terpencil dimana letak desa saling berjauhan, pola pemukiman menyebar dan tingkat konsumsi yang rendah sehingga biaya untuk membuat jaringan distribusi menjadi sangat mahal dan tidak ekonomis. Sementara penggunaan genset menghadapi kendala transportasi bahan bakar yang pada akhirnya menyebabkan biaya operasi tinggi. Pt. Altari Energi Surya sangat berpengalaman di bidang Pembangkit Listrik Tenaga Surya sejak dari tahun 1991 sampai dengan sekarang masih eksis untuk mengembangkan teknologi- teknologi baru pada bidang energi terbarukan.

1.2. Manfaat

Dengan sistem Penerangan Lampu Jalan Tenaga Surya dapat memberikan sesuatu yang sangat berarti bagi masyarakat terpencil yang karena kondisi geografis dan keterbatasan pemerintah untuk membuat jaringan distribusi, hingga saat ini belum dapat menikmati listrik (PLN), misalnya melalui program Pembinaan Masyarakat Desa terpencil.

Adanya sarana infrastruktur listrik rasa keterasingan pada masyarakat di daerah terpencil akan berkurang.

date Senin, 11 Januari 2010

0 comments to “LPJ(Lampu Penerangan Jalan) dengan menggunakan tenaga Matahari”

Leave a Reply:

AddThis

Bookmark and Share